-->

Penantian Hampir 180 Tahun, Umat Muslim Yunani Segera Miliki Masjid Resmi

Advertisemen
muslim yunani masjid yunani
Ilustrasi masjid. dailytimes.com.pk
Setelah hampir 180 tahun adanya larangan pendirian tempat ibadah bagi umat muslim, dalam waktu dekat masjid resmi pertama di Ibu kota Yunani, Athena akan segera didirikan. Kabar menggembirakan tersebut menyeruak setelah adanya pengumuman bahwa pemerintah telah menyetujui RUU (Rancangan Undang – Undang) guna mempercepat rencana pembangunan masjid di kawasan Votanikos, Athena.
 
Wali Kota Athena, Giorgos Kaminis, menggambarkan RUU baru itu sebagai satu langkah tegas untuk menghormati hak kebebasan agama.
 
Kucuran dana sebesar US$1,1 juta ( atau setara Rp 14,5 miliar) rencanya akan digunakan untuk pembangunan masjid ini.
 
Presiden Asosiasi Islam Yunani berpendapat, bahwa pembangunan masjid di kawasan zona industri terpencil dirasa kurang sesuai, yakni di sebuah pangkalan angkatan  laut tak terpakai yang dimiliki angkatan laut Yunani.
 
"Masjid resmi lebih cocok didirikan di dekat atau di pusat kota," kata Presiden Asosiasi Islam Yunani, Naim Elghandour.
 
Tidak ada masjid baru yang dibangun sejak pemerintahan Kekaisaran Ottoman berakhir di Yunani pada 1829.
 
Di Athena, sekitar 200 ribu umat Islam menggunakan 100 masjid tidak resmi, seperti di dalam garasi atau ruang bawah tanah, yang dimodifikasi untuk salat berjemaah dan melakukan kegiatan keagamaan.

Masjid Tzistarakis di pusat Kota Athena adalah salah satu masjid yang tersisa di Athena dari era Ottoman yang kini telah diubah menjadi museum. [/nvb/kompas]
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments